Monday, December 1, 2008

Syaloom


Di akhir edisi mari kita renungkan dua kata luar biasa yang terkadang kita lupa mengucapkannya yaitu kata ”Terima kasih ” dan ”Maaf”.
’Terima kasih’ adalah ungkapan bahwa kita telah menerima kasih dari orang lain, kita menerima tindakan dari orang lain, yang walau sekecil apapun dan dari siapapun itu telah membuat hidup kita menjadi lebih baik. Ketika kita mengucapkan ’terima kasih’ artinya kita secara sadar mengakui bahwa kita menerimanya.

’Maaf’ juga merupakan suatu kata yang amat luar biasa, suatu kata yang mencerminkan bahwa manusia tidaklah sempurna, sehingga dapat melakukan sesuatu yang tidak nyaman bagi sesamanya, entah di sengaja ataupun tidak. Dengan mengucapkan kata ’maaf’ berarti kita menyadari ’ke-tidak-nyaman-an’ yang kita timbulkan dan juga perasaan menyesal yang tentunya harus disertai niat baik untuk memperbaiki dan tidak mengulanginya lagi.

Dengan pemahaman di atas alangkah baiknya jika dua kata itu sering kita ucapkan. Semoga lebih banyak lagi kasih yang beredar di bumi, lebih banyak lagi orang yang menyadari bahwa dirinya tidak luput berbuat ’ke-tidak-nyaman-an’ bagi orang lain, yang sengaja maupun tidak sengaja, tapi mereka mau memperbaikinya, ini yang paling penting.

Jadi mari kita jadikan kata ’maaf’ dan ’terima kasih’ spirit kita dalam menjalani kehidupan yang lebih baik lagi.

No comments: